Review – The Jungle Book


Title : The Jungle Book
Author : Rudyard Kipling
Translator : Anggun Prameswari
Publisher : Penerbit Atria
Published : September 2011 (Edisi ini)
Page : 239 pages
My Rating : 3/5


Bukit Batuan gempar! Mama dan Papa Serigala mengajukan seorang anak manusia untuk diasuh oleh mereka. Meskipun dengan berbagai pertentangan, Akela sang Pemimpin Serigala mengizinkannya, dengan jaminan sebuah lembu dari Bagheera, sang Macan Kumbang Hitam, dan pembelaan si Beruang Hitam Baloo, guru dari semua anak-anak serigala.Namun Shere Khan, si Harimau Pincang tidak setuju karena anak manusia itu adalah buruannya. Itulah sebabnya, Mowgli si Katak, nama anak manusia itu, harus terus belajar agar ia berhasil bertahan hidup dan mengalahkan Shere Khan.

Tetapi, saat sebagian besar kawanan serigala mengusirnya, dapatkah Mowgli bertahan sendirian?

Thought on This Book :

Dalam buku ini, ada empat bagian cerita bertema binatang yang disajikan dengan penuh muatan moral. Kisah pertama berisi tentang kisah-kisah Mowgli. Mowgli adalah anak manusia yang pada saat masih bayi menjadi sasaran mangsa Shere Khan si Harimau, namun berhasil lolos dan kemudian dibesarkan oleh keluarga Serigala. Mowgli pun tumbuh besar sebagai anak rimba dan berteman akrab dengan Baloo si Beruang serta Bagheera si Harimau Kumbang. Cerita Mowgli tidak hanya tentang bagaimana ia mengalahkan Shere Khan, tapi ada juga cerita-cerita tentang kehidupannya di rimba bersama para satwa, seperti gerombolan monyet Bandar-log dan juga ular piton bernama Kaa.

Cerita kedua berjudul “Nina Bobo sang Anjing Laut”, menceritakan tentang Kotchi, seekor Anjing Laut putih yang mencari pulau damai untuk didiami oleh para anjing laut. Penjagalan anjing laut di tempat peristirahatan yang selama ini mereka tinggali membuatnya cemas akan kelangsungan hidup kawan-kawan anjing lautnya. Maka ia pun mulai berpetualang mengarungi lautan untuk mencari pulau yang tidak terjamah manusia. Dalam cerita ini, kita dapat melihat dari sudut pandang hewan tentang keserakahan manusia, yah, walau yang menulis cerita ini juga manusia, sih. Tapi mungkin sudut pandang hewan akan lebih menarik untuk diikuti oleh anak-anak?

Cerita ketiga adalah “Rikki-Tikki-Tavi”, tentang seekor moongose bernama Rikki-Tikki yang tinggal di rumah manusia. Kalau di cerita kedua manusia digambarkan sebagai makhluk kejam, di cerita ini digambarkan bagaimana hubungan persahabatan antara binatang dan manusia. Rikki-Tikki yang dirawat oleh keluarga Teddy setelah hanyut terbawa banjir, kini berjuang untuk melindungi Teddy dari ancaman Nag dan Nagaini, sepasang ular kobra yang berkeliaran di kebun rumah. Cerita ini termasuk favorit saya, setelah kisah Mowgli.

“Toomai Sang Penakluk Gajah” menutup rangkaian fabel dari Rudyard Kipling dalam buku ini. Kisah Toomai Mungil dari garis keturunan Penunggang Gajah yang curious beserta gajah senior keluarganya, Kala Nag, yang sudah banyak berpartisipasi dalam banyak kegiatan pemerintah. Suatu ketika, Toomai Mungil berbuat kenakalan di arena tanding gajah, yang membuat ayahnya marah dan mengirimnya pada Petersen Sahib. Petersen Sahib melarangnya pergi ke arena tanding gajah sebelum ia dapat menyaksikan “Tarian Gajah” yang legendaris.

Sebenarnya, kisah Mowgli sedikit banyak saya ketahui dari film adaptasi Disney yang terkenal itu. Tapi membaca buku ini, rasanya berbeda sekali! Apa ya, bukunya lebih “gelap” dari filmnya, sehingga lebih menantang gitu. Tapi bukan berarti ngga cocok dibaca anak-anak sih, meskipun beberapa bagian cukup sadis. (Seperti bagian menguliti harimau, atau penjagalan anjing laut di cerita kedua yang membuat saya tak urung ngeri juga).

Ada beberapa typo dalam buku ini (kesalahan nama, kurang huruf, kurang tanda baca), ya tapi saya sendiri bukan orang yang terlalu mempermasalahkan typo asal nggak mengganggu banget. Terjemahannya sih lumayan bagus dan cukup mudah dipahami. Rima di sajak-sajak dalam buku ini juga tetap dipertahankan. Tapi tetap saja sih, lebih enak kalau baca aslinya kalau saya, hahaha.

Cheers,
Ra

Part of : NARC 2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s