[Blog Tour & Giveaway] To All The Boys I’ve Loved Before

00_BANNER  Blog Tour TATB

Halo semua!
Kali ini saya dan Libri di Ra mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu host dari rangkaian Blog Tour To All The Boys I’ve Loved Before yang diadakan oleh Penerbit Spring. Blog Tour ini melibatkan 20 blogger dan berlangsung dari tanggal 3 April sampai dengan 11 Mei 2015. Dalam blog tour ini, saya akan mereview buku cantik yang ditulis oleh penulis young adult kenamaan, Jenny Han, sekaligus mengadakan giveaway. Selamat menyimak yaa ^^!

xxx


Title : To All The Boys I’ve Loved Before (#1)
Author : Jenny Han
Penerjemah : Airien Kusumawardani
Publisher : Penerbit Spring
Published : April 2015 (First Published 2014)
Page : 380 pages
My Rating : 3.5/5


Lara Jean menyimpan surat-surat cintanya di sebuah kotak topi pemberian ibunya.

Surat-surat itu bukan surat cinta yang ditujukan untuknya, tapi surat yang ia tulis. Ada satu surat untuk setiap cowok yang pernah ia cintai—totalnya ada lima pucuk surat. Setiap kali menulis, ia mencurahkan semua perasaannya. Ia menulis seolah-olah mereka tidak akan pernah membacanya karena surat itu memang hanya untuk dirinya sendiri.
Sampai suatu hari, semua surat-surat rahasianya itu tanpa sengaja terkirimkan—entah oleh siapa.

Saat itu juga, kehidupan cinta Lara Jean yang awalnya biasa-biasa saja menjadi tak terkendali. Kekacauan itu melibatkan melibatkan semua cowok yang pernah ia tulis di surat cintanya—termasuk cinta pertamanya, pacar kakaknya, dan cowok terkeren di sekolah.

Thought on This Book :

Buku ini sempat masuk dalam daftar incaran saya di tahun 2014. Apalagi kalau bukan karena hype-nya yang cukup tinggi. Para book blogger yang saya ikuti banyak mengulas buku ini dan karena saya seorang yang lemah terhadap buku berkover cantik, saya pun turut mupeng.

Sayangnya keinginan saya untuk membaca buku ini tidak terlaksana. Wishlist yang semakin membengkak membuat saya melupakan buku ini, sampai sebuah kabar gembira tentang Penerbit Spring yang akan menerbitkan buku ini dalam versi Bahasa Indonesia sampai di telinga saya.

Hurrah!

Membaca buku ini, saya langsung berpikir : Buku ini lucu!

Lucu dalam artian cute dan manis sekali. Saya baru kali ini membaca buku karangan Jenny Han yang sebetulnya sudah sangat terkenal di kalangan pembaca young adult. Dan saya suka. Baru baca sekitar dua puluh halaman, saya sudah mesem-mesem sendiri. Ceritanya ringan dan remaja sekali. Konfliknya tidak banyak. Penulisannya to the point dari sudut pandang Lara Jean, tokoh utama buku ini.

Konflik utamanya, seperti yang dicantumkan dalam sinopsis, adalah tentang surat-surat cinta (rahasia) Lara Jean untuk setiap cowok yang pernah dicintainya. Surat-surat yang seharusnya tersimpan di kotak miliknya, tiba-tiba saja terkirim ke semua cowok-cowok tersebut. Bagaiman Lara Jean harus menghadapi kekacauan ini? Gara-gara surat tersebut, hubungannya dengan Josh –cowok tetangga sebelah rumah dan sudah menjadi sahabatnya- jadi kaku tak karuan. Ditambah lagi fakta bahwa kakak Lara Jean, Margot, adalah mantan pacar Josh.

Solusinya bakal terdengar klise, sih ; pura-pura pacaran! Dan seperti biasa dalam novel remaja, kita akan bertemu dengan si cowok populer, Peter Kavinsky. Peter ini dulunya teman Lara Jean juga, tapi mereka sudah lama tidak bertegur sapa. Nah, salah satu surat Lara Jean ternyata sampai juga pada si Peter ini. Peter baru putus dari mantannya yang (lagi-lagi) cewek populer di sekolah. Pada saat Lara Jean minta pura-pura pacaran dengannya, dia setuju karena ingin membuat si mantan cemburu. Bisa dibayangkan nggak sih, rumitnya?

Hal-hal lain yang saya suka adalah keluarga Lara Jean yang merupakan keluarga blasteran Amerika-Korea. Percampuran budaya keduanya membuat keluarga ini jadi unik dan kaya tradisi. Sejujurnya, saya tidak menyukai anggota keluarga Lara Jean secara personal ; Margot yang terlalu kaku, Kitty yang kadang-kadang bisa super menyebalkan, Daddy yang jarang muncul, bahkan saya agak bosan dengan galaunya Lara Jean. Tapi ketika mereka bersama-sama kok cute juga yah, hahaha. Saya suka bagaimana mereka saling menyayangi dan mencoba untuk melakukan yang terbaik demi keluarga.

Buku ini bukan tipe buku yang akan mengaduk-aduk emosi secara dahsyat. Ada sih, saat saya merasa kesal dengan perbuatan tokoh-tokohnya, tapi tidak sampai membuat emosi terkuras. To All The Boys I’ve Loved Before, seperti yang sudah saya katakan di awal, adalah cemilan ringan yang manis.

Poin plus : terjemahannya enak dan tidak bikin bingung.

Poin plus lainnya: Penerbit Spring menerbitkan versi Bahasa Indonesia dengan tetap menggunakan kover aslinya yang cantik abis. Biasanya saya tidak suka kover yang memuat foto orang, soalnya bikin imajinasi buyar (haha), tapi pengecualian untuk kover buku ini. Tee-hee.

Satu lagi, karena buku ini bagian dari sebuah serial, saya tidak bisa komentar banyak mengenai ending-nya. Ending di buku ini rasanya sudah tepat, bahkan walau tidak ada kelanjutan serinya. Saya jadi bertanya-tanya akan dibawa kemana cerita ini di buku kedua. Omong-omong tentang buku kedua yang berjudul P.S I Still Love You ini akan terbit tahun ini dalam versi Bahasa Inggrisnya. Mari kita tunggu Penerbit Spring menerbitkannya dalam versi Bahasa Indonesia!

PicsArt_1427363481728

Giveaway!

Baiklah, sekarang saatnya untuk giveaway! Hayo, jujur saja, sudah banyak yang nungguin ini kan? Hehe. Ada dua kopi novel To All The Boys I’ve Loved Before yang akan dibagikan untuk dua orang pemenang di blog ini. Caranya mudah sekali kok ^^ ;

  1. Hanya untuk yang punya alamat Indonesia saja ya.
  2. Follow blog ini. Boleh lewat apa saja. WordPress follower, subscribe lewat email, ataupun lewat Bloglovin.
  3. Share giveaway ini di media sosial. Boleh twitter maupun facebook.
  4. Tulis di kolom komentar :
    • Link Share Giveaway.
    • Alamat email yang dapat dihubungi dan akun twitter.
    • Jawab pertanyaan ini : Kalau kamu menulis surat untuk seseorang (bisa nyata atau tokoh fiksi), siapa orang itu dan apa saja yang akan kamu tulis disana? Misalnya dalam surat Lara Jean pada Peter, dia merinci hal apa saja yang membuatnya tidak menyukai Peter Kavinsky. Intinya sih, curhatan kamu :p
  5. Tidak ada pemenang dobel di rangkaian blog tour ini. Jadi satu orang hanya bisa menang sekali di satu host.
  6. Jika ada pemenang ganda dengan host yang berbeda, host berhak untuk mengundi ulang jika merasa perlu.
  7. Jika tidak ada undian ulang, pemenang HANYA akan mendapatkan 1 buku  meskipun mereka menang beberapa kali.
  8. Giveaway ini berlangsung selama 2 mingggu, yaitu sampai tanggal 3 Mei 2015.

Oh ya, jangan lupa untuk terus mengikuti rangkaian Blog Tour To All The Boys I’ve Loved Before sampai akhir ya! Karena bakal ada kuis finale di akhir blog tour. Simpan baik-baik potongan puzzle di bawah ini untuk nantinya digabungkan dengan puzzle-puzzle dari host yang lain.

piece 6

Selamat mengikuti blog tour ini ya! Good luck!

Daftar Host Blog Tour :

 

Cheers,

Ra

Advertisements

30 thoughts on “[Blog Tour & Giveaway] To All The Boys I’ve Loved Before

  1. Izin ikutan giveaway ya kak 🙂

    Jawab pertanyaan ini : Kalau kamu menulis surat untuk seseorang (bisa nyata atau tokoh fiksi), siapa orang itu dan apa saja yang akan kamu tulis disana? Misalnya dalam surat Lara Jean pada Peter, dia merinci hal apa saja yang membuatnya tidak menyukai Peter Kavinsky. Intinya sih, curhatan kamu :p

    Jawab : Aku bakal kirim surat sama tokoh fiksi, yang ada dibuku ayah Pidi baiq. Yaitu Dilan. Entah mengapa setiap mendengar nama itu, jantungku tidak berhenti berdetak, rasanya ada getaran listrik yang menjalar di seluruh tubuhku. Getaran itu, terus ada sampai aku kembali membaca buku “DILAN ” dia adalah Dilanku tahun 1990. Aku menyesal beli buku ini :(, kenapa? karena, setiap membaca buku ini di bab satu dan yang lainnya, aku seperti tersihir oleh sosok Dilan yang menurutku, laki-laki yang sangat sangat romantis. Bukan romantis seperti pria pada umumnya, memberi bunga atau cokelat, meyanyikan lagu dsb. Tapi, dia berbeda. Dilan punya cara sendiri menunjukan rasa cintan nya, yang membuat wanita sangat istimewa. Hanya hal kecil memang yang ia lakukan, tapi mampu membuat wanita itu merasa istimewa dibanding wanita lain .

    Suratku untuk Dilan 🙂
    Dilan.. aku tahu kamu hanya tokoh fiksi, dan hanya bisa ku temui di dalam novel. Setiap aku baca novel itu,aku merasa diriku adalah Milea. Cewek yang tengah kau dekati, dan kau rayu dengan sebegitu hebatnya. kau tau? aku juga ingin menjadi Milea. Milea yang kau beri buku TTS yang sudah kau isi, agar aku tidak perlu pusing mengisi nya :,). Milea yang mendapatkan cokelat darimu, yang diberikan oleh tukang pos, petugas pln, tukang sayur dll. Aku ingin menjadi seperti Milea bertemu dengan orang sepertimu. Meskipun, kau anak geng motor. Tetapi, aku tahu kamu baik, kamu pintar, dan kamu juga sholat. Dilan.. aku berharap suatu saat nanti aku bisa bertemu denganmu. Bukan, lebih tepatnya, bertemu dengan orang yang mirip denganmu. Meski tak kumiliki kau seutuhnya di kehidupan nyata. Tapi, sudah cukup bagiku, memilikimu di kehidupan khayalku. Di novel “Dilan dia adalah Dilanku tahun 1990.” Terimakasih Dilan, kau telah hadir dihidupku, mengisi hari-hariku dengan ke konyolan dan ke seruanmu. “aku cinta kamu” 🙂

    Link share : https://twitter.com/milehyaa/status/589703047741198336
    Email : jungbaekmila@yahoo.com
    Twiiter : @milehyaa

    #terimakasih 🙂

    Like

    Reply
  2. link share: https://twitter.com/sofiaidrish/status/589709744471810048
    email & twitter: dherilsofia@gmail.com @sofiaidrish

    Dear Augustus Waters in heaven
    Do you still keep the pack of cigarettes that Hazel inserted in your coffin? Do you finally lit it up since now you are free in the immortality? You are such too perfect to be true. The crooked smile on your face, is that still painted beautifully like always? Maybe it is the best for you not staying little longer in the story. Maybe it is how the story ended. Maybe if you are still alive, there is no romantics in it. But, I always wonder how it feels to have a boy like you around my life.
    Augustus Waters is a boy character from The Fault in Our Stars. I am sure you’ve read it, Ra. He’s just like life’s darlings. He died to soon.

    Like

    Reply
  3. Kalau kamu menulis surat untuk seseorang (bisa nyata atau tokoh fiksi), siapa orang itu dan apa saja yang akan kamu tulis disana? Misalnya dalam surat Lara Jean pada Peter, dia merinci hal apa saja yang membuatnya tidak menyukai Peter Kavinsky. Intinya sih, curhatan kamu :p

    Pertanyaan yang sama, yang udah pernah ditanyain sama beberapa host blogtour sebelumnya^^ dan tentu aja aku akan beri jawaban yang sama^^ aku akan menulis surat untuk kedua orang tua ku^^
    Didalam surat itu aku akan mencurahkan seluruh isi hatiku, betapa bahagianya aku bisa bersama mereka, betapa bangganya aku dengan mereka, dan seberapa besar rasa cintaku pada mereka^^

    Link Share : https://twitter.com/saharani01/status/589757776034811905
    Email : ranikurniawan26@gmail.com
    Twitter : @saharani01

    Like

    Reply
  4. Hmm, tapi suratku ini bukan untuk seseorang lho, melainkan untuk 2 orang. Nggak apa-apa kan ya? 😀 😉
    Akan kutulis sepucuk atau bahkan berlembar-lembar surat tersebut untuk Papa dan Mama tersayang. ❤

    Sebenarnya kami bukan tipe keluarga yang pandai mengekspresikan rasa sayang atau maaf kepada satu sama lain. 😆 secara verbal, kami tidak penah saling mengungkapkan sesuatu meski banyak yang mengatakan bahwa ungkapan lisan adalah hal sederhana yang bisa jadi pupuk cinta sebuah keluarga. 😥 maka dari itu, melalui goresan tinta di atas lembaran surat itu dimaksudkan bisa menyampaikan pesanku pada mereka dengan lebih leluasa dan aku ingin menuliskan poin-poinnya serperti berikut ini:

    “aku selalu dan sungguh menyayangi kalian, everyday & all the time, di tiap hari-jam-menit-detik. aku selalu ingin melihat senyum manis di wajah kalian setiap hari. aku akan sedih jika melihat kalian murung dan kesusahan. Pa, Ma, bersabarlah mempunyai anak sepertiku. jangan bosan dengan keluh kesahku. maaf jika sampai hari ini aku belum bisa kasih apa-apa yang berarti buat kalian. aku tahu dan sangat paham seberapa besar pengorbanan kalian selama ini untuk membesarkanku. bahkan aku tidak bisa menahan titik air mata tiap kali melihat album foto masa kecilku bersama kalian. maaf juga terkadang aku egois dengan berkata ‘seorang anak tidak pernah meminta untuk dilahirkan ke dunia’ tiap kali aku disalahkan. maaf, itu hanya emosi sesaat. dan ternyata kasih sayang kalian terhadapku selalu membuat kalian mengerti apa pun kondisiku. terima kasih atas semua yang sudah diberikan kepadaku–cinta, kasih sayang, pendidikan, materi, dan kesempatan untuk hidup serba cukup. aku tahu aku tidak akan pernah bisa membalasnya dengan apa pun. saat ini hanya doa yang bisa kuhaturkan dengan tulus, semoga di usia senja ini kalian selalu dinaungi kebahagiaan, kesehatan, dan tak pernah luput dari berkah Tuhan. aamiin~ 🙂 ❤ ❤ <3"

    Email: ayamurning@gmail.com
    Twitter: @murniaya
    Link share:

    http://mtuit.com/status/589633774754791424

    Like

    Reply
  5. Kalau aku sih, bakal nulis surat buat diriku di dan dari masa lalu dan masa depan. Awkward nggak sih? Nggak ah menurutku!

    Aku akan menulis surat yang menceritakan diriku sendiri di masa lalu dan masa sekarang yang pada akhirnya akan kubaca di masa depan. Bagaimana sepak terjang kehidupanku sebelum di masa depan nanti aku jadi “seseorang”, hingga benar-benar menjadi seseorang. Kupikir itu lucu dan mengesankan, seolah-olah bisa memutar waktu meski kita nggak akan pernah bisa melakukannya, tapi kurasa dengan surat setiap kita bisa mempunyai ‘mesin waktu’. Maka, setelah ini aku akan menulis surat 😀

    Link: https://twitter.com/asysyifaahs/status/589878409368469504
    Email: asysyifaahs@yahoo.com
    Twitter: @asysyifaahs

    Terimakasih 🙂

    Like

    Reply
  6. Kalau kamu menulis surat untuk seseorang (bisa nyata atau tokoh fiksi), siapa orang itu dan apa saja yang akan kamu tulis disana? Misalnya dalam surat Lara Jean pada Peter, dia merinci hal apa saja yang membuatnya tidak menyukai Peter Kavinsky. Intinya sih, curhatan kamu :p

    Aku akan menyampaikan pesan ini untuk Iskandar, seseorang yang tidak bisa kulihat bahkan kutemui hari ini dan selamanya

    Darimu, kutemukan diriku. Darimu, aku mengenal arti “Saudara”. Kepergianmu menyadarkanku arti sebuah kehilangan. Kehilanganmu mengajarkanku arti keberadaan. Kamu yang selalu ada, menjadi bagian dari hidup bahkan diriku sendiri. Kau, membuatku menyadari arti sebuah pengorbanan. Terimakasih teman, karena telah menyadarkanku. Kau, inspirasiku. Kau membuatku menjadi seseorang yang mau berharap, bahwa hari esok pasti ada.

    “Kenangan, kadang terasa lebih nyata dari kenyataan. Seberapa pun besarnya perjuangan membuat kenangan itu jadi nyata, kenangan hanya hidup dalam ingatan.”

    Sekeras apapun aku mencoba untuk melupakanmu, sekeras itu pula kau hadir dalam setiap mimpiku. Jadi, untuk yang terakhir ini, biarkan dirimu tetap hidup dalam ingatanku. Aku akan selalu mendoakanmu, disana. Dan aku juga yakin kau pasti mendapatkan tempat paling indah disisi-Nya.

    Link Share : https://twitter.com/HikariMio/status/590125753171218432
    Email : rinaeko87@gmail.com
    Twitter : @HikariMio

    Like

    Reply
  7. Link Share : https://twitter.com/Rany_Dwi004/status/590137453668765698
    Email : ranydwi11@yahoo.co.id
    Twitter : @Rany_Dwi004

    Saya akan menulis surat untuk sahabat saya di SMA. Intinya sih mau ngucapin terimakasih karena dia telah mengajari saya akan banyak hal. Tentang perjalanan hidup, tentang indahnya berbagi ‘Feeling good by doing good’, tentang berbagai mimpi yang ingin dia wujudkan dan bahwa kita bisa melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Mengenalnya, memberikan energi positif untuk saya, juga hidup dan mimpi saya. Dia menumbuhkan kembali semangat saya untuk tetap mengejar mimpi-mimpi saya. Inilah yang membuat saya menyukainya. Karena menurut saya persahabatan itu susah dijelasin. Kadang bertengkar, kadang bercanda, sedih sama-sama, senang sama-sama. Tapi dari itu semua ada maknanya, yaitu kebersamaan. Oleh karena itu, persahabatan bukan hanya tentang diri kita menerima orang lain, tetapi juga membiarkan diri kita diterima orang lain. Apalagi sekarang kami akan berpisah. Disurat itu aku akan menulis bahwa : “Berpisah dengan seorang teman apalagi dengan kalian, tidak pernah mudah. Saya pernah membaca sebuah kalimat yang sangat saya suka ‘a friend is God’s way of taking care of us’. Seorang teman adalah cara yang dipilih Tuhan untuk memelihara kita. Selama ini, saya sadar bahwa tanpa teman dan tanpa kalian, hari-hari saya tidak akan menyenangkan. Tanpa kalian, saya tidak akan pernah punya pengalaman yang bisa saya bagikan ke orang lain. Saya bersyukur sekali memiliki seseorang yang bisa saya sebut sebagai ‘teman’ atau bahkan sebagai ‘sahabat’ seperti kalian. Ada satu hal yang penting dalam menjalin persahabatan. Hal itu adalah waktu. Saya butuh waktu untuk saya habiskan bersama kalian. Kalian butuh waktu untuk mengenal siapa saya. Dan tentu saja, waktu itu adalah yang harus kita bagi dalam kebersamaan. Karena tanpa waktu kebersamaan itu, seseorang tidak akan bisa mengenal orang lain. Terimakasih karena telah mewarnai masa-masa SMA saya. Tanpa kalian, semuanya tidak akan ada artinya.”

    Like

    Reply
  8. Link share:
    https://twitter.com/ChaEcungMochi/status/589928713774497792
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10202404687477637&id=1503685949866032&fs=5

    Email: rizcha_10@yahoo.co.id
    Twitter: @chaecungmochi

    Jawaban:
    Untuk Yesung Super Junior

    Oppa, I miss you. 2 tahun ini sudah terlewati begitu saja. Kevakumanmu dalam dunia musik dan semua acara yang berhubungan dengan pekerjaanmu membuatku rindu. Sudah kurang 2 minggu lagi setidaknya kamu akan benar-benar selesai menjalankan kewajiban negaramu.

    Meskipun 2 tahun ini Oppa tidak seperti sedang wajib militer, tapi biarlah. Tetap saja aku rindu dengan suara Oppa yang membuatku senang.

    Oppa, bogoshipo. Saranghae. ^^

    Like

    Reply
  9. link share GA : https://twitter.com/dshinta_gtg/status/590519453038739457
    email : sridesintaginting@gmail.com
    twitter : @dshinta_gtg

    Aku akan menulis surat untuk Ilana Tan. Hai, kak Ilana Tan mungkin kata-kataku seperti orang-orang lain yang juga menyukai tulisan kakak. Tapi beneran deh kak, ingin sekali bertemu kak. Oh setidaknya dalam mimpi (terlalu puitis). Kemarin waktu PO In Blue Moon ada yang dapat TTD kakak. Betapa beruntungnya mereka.Kapan lagi coba bisa dapat gitu. Tau gak kak, sampai-sampai akunya berharap+berkhayal+berdoa ada gitu entar orang ngesuprisein aku untuk ketemu kakak. Hahaha. Terlalu tinggikah ? Aku tetap berharap. Sangat.
    Tapi, aku bukan orang yang termasuk maksa-maksa kakak untuk go publik. Lah lagian aku siapa ya kok maksa-maksa kakak untuk go publik (haha).
    Dengan surat ini, semoga kita bisa bertemu. Ya, sebernarnya kita telah bertemu, penulis dan pembaca. Aku bertemu kakak setiap aku membaca tulisan kakak 😀
    Kak, aku suka Alex Hirano. Jadi izinkan aku menggunakan namanya ya ! Terima kasih 😉

    Shinta Hirano

    Like

    Reply
  10. Link share: https://twitter.com/anandanf07/status/590746125960884230
    Email: Anandanftrn@gmail.com
    Twitter: @anandanf07

    Aku akan menulis surat untuk Tere Liye 🙂 penulis novel berbakat dari indonesia, yang buku-bukunya sangat aku kagumi ^_^ aku akan menuliskan seberapa suka nya aku membaca buku-buku karangannya, seberapa bergunanya novel-novel itu untukku ^^ entah mengapa, novel karangan Tere Liye itu selalu bisa menyentuh hati dan mengubah cara berpikirku. Caranya bercerita sangat membuatku comfortable, walaupun dia sering memakai kata kata kiasan yang berbelit-belit, namun itu jadi hal yang menarik untukku. Dan yang paling penting, aku ingin menceritakan tentang kisah hidupku yang menoreh berbagai luka kesedihan. Aku berharap dia dapat mengajariku bersikap bijak atas kisah hidupku itu, seperti yang dia tuangkan dalam beberapa novelnya, aku berharap dia dapat membantu memberi jalan keluar untuk masalahku 🙂

    Like

    Reply
  11. Link : https://twitter.com/karetegelang28/status/590834905409462272
    Email : chacaayippie@gmail.com
    Twitter : @karetegelang28

    Pengen nulis surat untuk CRISTIANO RONALDO

    Hy, Ronaldo. Aku suka banget sama kamuuuuu ! Awal aku menyukaimu, saat aku membuka bagian Olahraga di koran Sindo. Potretmu sangat besar, dengan dada yang membusung bangga, berseragam merah (MU) kedua tangan (telunjuk) menghadap ke langit, serta rahang wajahmu yang tegas, berhasil menghipnotisku untuk mengenalmu lebih jauh. Saat itu aku berumur 14 tahun, dan kini aku yang berusia 21 tahun masih saja dan akan selalu menyukaimu >_<

    Tahukah kamu Ronaldo ? Kadang aku dikatain gila sama temanku, karena setiap kali mereka meminta no. hp ku, aku meminta mereka untuk menuliskan contact-ku dengan name Istrinya CR7 ^^ Hooo, saking gilanya juga ! Setiap kali aku melihat iklan ataupun postermu, aku bisa saja over histeris, sampe ketawa sendiri.

    Contohnya baru-baru ini, aku ke Gramedia buat nge-cairin voucher belanjaku. Eh dijalan, gak sengaja ada bus yang nampilin gambar kamu setengah badan dengan kostum MU. Ahhhhkk, kamu sangat tampan !! Sampe-sampe pacar aku sengaja melajukan motornya lebih kencang karena gak suka aku terlalu kegirangan melihat dan sampingan bus itu. Eh sampenya di Gramedia, lima kali bolak-balik dibagian novel, akhirnya nyomot biografi kamu..

    So, i love you CR7.. Eh, sorry malah curcol ^^

    Like

    Reply
  12. Dear Diana,

    Apa kabar disana? semoga kau baik-baik saja. Aku disini seperti biasa, kehidupanku tak selalu bahagia, banyak duka, namun aku mencoba tetap tersenyum walau getir. Kau tahu Nirwana, Diana, dialah yang mengisi hariku saat kau jauh. Dia cantik, dia natural, dan yang terpenting dia sayang padaku. Apalah arti hidupku, tanpa Nirwana, Diana, mungkin saja aku akan bunuh diri, meratapi nasib, atau memelas dan mengurung diri dalam ruang gelap seperti yang kau lakukan selama ini.

    Oh iya, papa telah lulus S3, sedangkan mama tentu saja masih cerewet dan menceramahiku tiap waktu, aku bosan dengan hal sama yang dia ucapkan setiap hari. Dan, Diana, kau masih ingat kucing kita, Dota, dia telah mempunyai anak-anak yang lucu, si belang dan si kuning, mereka lucu sekali berlarian kesana-kemari.

    Ah, Diana, ini bagian terberatku. Aku tidak ingin rasanya mengucapkan salam perpisahan dalam surat ini, aku hanya ingin dirimu hadir. Aku hanya ingin memelukmu. Andai saja, waktu itu aku menarikmu dari jalan, tentu saja kau masih disisiku saat ini.

    Diana adikku tercinta, kakakmu ini tidak bisa berbuat apa-apa. Kakakmu ini bersalah padamu. Diana, maafkan kakakmu ini. Aku hanya ingin kamu bahagia disana selamanya. Jangan lupakan janji kita tanggal 17 Mei nanti, saat itu usiamu akan menginjak 17 tahun. Hari terindah dalam hidupmu.

    Salam,

    Ruben
    Kakakmu

    Link share : https://twitter.com/salman_faris/status/590898169292042241
    email : salman_akt@yahoo.com
    twitter : @salman_faris
    bloglovin : https://www.bloglovin.com/blogs/libri-di-ra-13834123

    Like

    Reply
  13. Nama: Aubrey Biancanitta
    Email: biancanitta@gmail.com
    Akun twitter: @biancanitta
    Jawaban: Aku akan menulis surat untuk sahabatku. Berterima kasih karena dia selalu menemaniku,selalu ada buatku,ya walaupun dia kadang jutek sewot sendiri–“,tapi dia baikk banget hehe. Tapi ga keraasaa bakal pisah sama dia :” Sukses terus SMA-nya!:)

    Like

    Reply
  14. azha.4224@gmail.com (@azhanifa)
    Buat guru saya….
    Terima kasih pak bu atas kasih sayang diberikan dengan cara memberikan tugas sebanyak kucing beranak agar aku selalu mengingat betapa seringnya kau hadir dalam hidupku.
    Gue merasa hidup gue sibuk karena weekend menjadi weekday saat hari minggu penuh tugas dan persiapan ulangan hari senin.
    Wahai, Pak/Bu yang mula hatinya… Saya merasa tersanjung atas perhatian serta kemarahan yang pernah datang entah karena telat masuk atau enggak mengerjakan tugas setidaknya saya tahu…meski gebetan enggak pernah melirik saya,Pak/Bu selalu peduli saya.
    With Love,
    Your sweet student

    Like

    Reply
  15. Nama: Athaya Irfan]
    Twitter: @JeruknipisAnget
    Emal: athaya.irfan97@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/JeruknipisAnget/status/591891811011928064

    Akan kukirim suratku Tere Liye.

    Dear my lovely writer,

    Aku menyesal tidak meminta berfoto bersama di Indonesia Readng Festival pada akhir tahun 2014 lalu. Aku begitu terpesona saat menatapmu dipanggung talkshow hingga terlupa untuk mengambil gambar. Itu jumpa pertama dan hatiku berdebar kencang sekali. Kuyakin kau tidak mendengar alunannya. Sadar akan hadirku pun tidak. Matamu mencari-cari ke seluruh penjuru ruangan. Dengan tawa sesekali kau menanggapi pertanyaan pemandu acara.
    Aku serasa bermimpi saat aku berdiri tepat mukaku untuk menandatangani buku :Rindu’ terbaru yang belum lama kubeli. Dan aku masih merasa ini semua mimpi setiap kali menatapi tanda tangan yang ada di halaman depan buku itu.
    Ada dirimu disana menjelma dalam rajutan untaian benang tanda tangan bertinta hitam.
    Entah kapan dapat bersua lagi denganmu. Aku tak tahu dimana kau sekarang. Akankah kau datang dimuka pintu rumahku dan membawakanku seikat buku karya-karyamu? Aku berharap itu bukan mimpi.
    Datanglah, kemarilah dan hapuskan semua kerinduanku yang selalu haus akan untaian kisah manismu.

    You secret admirer,

    Athay.

    Like

    Reply
  16. Link share : https://mobile.twitter.com/SandRa129499OS/status/591945215524540416?p=v

    Email : littlesaengie@gmail.com

    Twitter: @sandra129499os

    Jawaban:
    Kalau kamu menulis surat untuk seseorang (bisa nyata atau tokoh fiksi), siapa orang itu dan apa saja yang akan kamu tulis disana?

    Kalau aku diberi kesempatan buat nulis surat, aku akan menulis surat buat Lady Tsunade di Naruto!

    Mungkin sperti ini isinya.

    Dear Lady Tsunade ^^
    Hai lady-sama! Kau tau aku sangat mengagumimu! Wajahmu, fisikmu, dan kekuatanmu. Umm, lady-sama aku menulis surat ini karena aku punya satu permintaan. Bisakah lady-sama meminjamkan aku kekuatanmu sebentar? Kau tahuu kekuatanmu sangat menankjubkan! Satu jentikan bisa membuat seseorang terpental sangat jauhh! Uhh aku akan menggunakannya untuk menjentikkan adik2ku yg nakal supaya mereka kapok berbuat nakal :3, teruss bagaimana kau bisa menjadi awet muda sekali? Kau sangat cantik! Aku jadi iri sekaliii :3, walaupun sehari akan aku gunakan untuk menarik perhatian semua cowok2 playboy lalu aku habiskan mereka semua biar kapok untuk mempermainkan cewek.
    Bolehkan lady-sama aku pinjam kekuatanmu? Boleh ya, soalnya aku pengin jadi cewek kuat biar bisa menghabisi para preman tukang begal, jujur saja begal itu buat tanganku gatal_gatal walaupun tidak beranii.
    Segitu saja, Arigatou lady-sama! Kau harus membalas dan memberi permintaanku! #maksa

    Ehehhe seperti itu deh kayaknya, soalnya aku dari dulu pengin sekali jadi cewek kuat ya kaya Lady Tsunade itu dehhh ihihihihih

    Like

    Reply
  17. Ku tulis suratku untukmu, sahabatku yang telah berubah semenjak mengenalnya…

    Detik berganti menit, yang kemudian berganti menjadi jam, lalu hari, minggu, bulan, tahun, dekade. Selama itu pula kita bersahabat, mengenal karakter, kebiasaan, dan kehidupan masing-masing. Selama itu pula aku seperti menemukan pelengkap kehidupanku yang hampa ini. Adanya eksistensi akan sosokmu membuat aku sadar, dan bangkit dari keterpurukanku, kemuramanku, keputusasaanku. Kamu yang pernah mengatakan hal ini padaku: “The purpose of our Lives is to be Happy” membuatku semakin bangkit dan meninggalkan masa kelamku.
    Tapi… Mengapa semenjak pada detik itu, hari itu, kau mengenal orang itu dan sedikit demi sedikit berubah menjadi orang lain yang tidak aku kenal? Apa hebatnya pengaruh dirinya terhadap sosok asingmu kini? Kamu yang dulu ceria dan tertawa bersamaku, kini hanya muram dan memasang senyum dingin tiap kali melihatku. Apa salahku sampai kau menjauhiku? Apa orang itu yang mempengaruhimu? Sadarlah. Aku sahabatmu, bukan hama kecil yang mendekatimu saat ini. Kamu yang selalu menurut apa perintah dan perkataannya, kini sekarang merubah seluruh apa yang ada padamu. Bahkan matamu sendiri tidak mengatakan kebahagiaan. Hanya kehampaan. Aku sudah berusaha mengingatkan, bahkan memohon. Orangtuamu juga sudah lelah akan sikap dan perubahanmu. Aku harus apa sekarang? Maka kubalikkan kata-kata yang pernah kamu ucapkan: “The purpose of our Lives is to be Happy” dan kau tahu, sahabat? Dengan mengikuti apa yang orang lain perintahkan kepada kita, tidak akan pernah membuat kita bahagia.
    Ingatlah, aku akan selalu ada disini menunggu sosokmu yang dahulu kembali pulang.

    Your Lovely bestfriend.
    .
    .
    .
    .
    Link Share : https:/twitter.com/mita_andriana/status/591962152862351360
    twitter : @mita_andriana
    email : mitafishy@gmail.com

    Like

    Reply
  18. Link share :
    https://twitter.com/fitania09/status/592197271304835073?s=01
    Email : fitania90@gmail.com
    Twiter : @fitania09

    Kali ini aku mau nulis surat buat idola ku ^^

    Dear Taeyeon,
    Entah kau bisa membaca bahasa ku ini apa tidak namun aku berharap kau akan mengerti akan semua rasa yang aku curahkan sepenuhnya untuk bisa bertahan menulis semua ini untukmu.
    Aku menyukai grup idol mu sejak kalian debut pertama kali. Aku begitu suka dengan pesona, kekompakan dan semangat kalian. Tapi sayang beribu sayang Jesica kini harus rela meninggalkan grup yg begitu spesial bagiku. Aku berharap kelak kalian dapat menjadi 9 orang yang utuh seperti dulu.
    Taeyeon, tau kah kamu aku menyukai suara mu dan kepribadianmu. Jika mendengar kau menyanyi seakan semua terasa hangat & nyaman. Kau benar-benar mampu menghipnotis orang lain dg suara indahmu. Jika melihat sisi kekanakan mu, aku sering tertawa geli layaknya bukan seorang leader tapi maknae yang berusaha manja pd eonni-eonninya 🙂 .Tapi aku salut padamu karena kau seorang yang pekerja keras & mandiri. Kau orang yg pantang menyerah & selau siap memberi perlindungan pada member-member lain. Ingin ku jumpa dengan mu sekali saja. Meminta mu berfoto denganku & menandatangani foto itu.

    Dari ku,
    Fita

    Like

    Reply
  19. Email : yskasim@gmail.com
    Twitter : @ruth_shiela
    Link share : https://twitter.com/ruth_shiela/status/592210227014934529
    Jawaban :
    Aku ingin membuat surat untuk pasanganku. Aku ingin ia tahu bahwa aku sangat berterima kasih atas kebersamaan dan perhatian yang selalu ia berikan padaku. Sebelum aku mengenalnya, aku pesimis dengan hal yang namanya cinta. Bagiku cinta itu hanyalah sebuah kepalsuan. Beberapa kali aku mengenal cinta, beberapa kali pulalah aku disakiti oleh cinta tersebut. Sejak saat itu, aku berjanji dalam hati kecilku untuk menutup pintu hati rapat-rapat dan tidak akan membiarkan cinta menyusup kembali ke dalam hatiku.
    Semuanya berubah ketika dirinya hadir. Sejak aku bertemu dengannya, pintu hatiku yang tertutup kini sudah terbuka lagi. Ia selalu sabar mendekati dan memberi perhatian kepadaku, meskipun aku berulang kali menolak dan mengatakan tidak menyukainya. Perlahan-lahan perasaanku mulai luluh dan aku pun mulai menyukainya. Jujur, sebenarnya aku takut untuk jatuh cinta lagi karena aku takut tersakiti untuk yang kesekian kalinya. Namun ketakutanku itu berhasil ia hapus lewat perasaan tulus yang diberikannya. Setiap hari selalu saja ada kebahagiaan yang ia bagikan kepadaku.
    Bagiku kau merupakan seorang ksatria pelindung yang selalu siap menjagaku dimanapun dan kapanpun. Aku bersyukur Tuhan telah mengirimkanmu untukku.

    Like

    Reply
  20. Email : harygimulya@gmail.com
    Twitter : @angels_rutherfo
    Link share : https://twitter.com/angels_rutherfo/status/592212136484417537
    Jawaban : Aku ingin membuat 3 surat yang ingin aku berikan pada orang yang berbeda :
    a. Surat pertama ingin aku berikan pada orang tuaku. Aku ingin mengucapkan terima kasih atas segala hal yang telah mereka lakukan dan berikan untukku.
    Dari kecil hingga dewasa seperti sekarang ini mereka telah memberikan segala kebaikan dan kasih sayang untukku. Dari mereka pula aku belajar banyak hal mengenai dunia ini.
    Aku bangga dan bahagia memiliki orang tua seperti mereka. Di saat sedang mengalami kesulitan keuangan pun, mereka tetap berjuang untuk menyekolahkanku.
    Seberapa keras pun aku berusaha, aku tidak akan pernah bisa membalas segala kebaikan yang telah mereka berikan.
    Terima kasih pa, ma. Aku sangat menyayangi kalian.:)

    b. Surat kedua ingin aku berikan kepada pasanganku. Aku ingin memberitahu betapa bahagianya aku bisa bersamanya.
    Hari demi hari kita lewati bersama dengan begitu banyak hal yang terjadi.
    Ada saat-saat yang menyenangkan, namun ada juga saat-saat yang menyedihkan. Merupakan saat yang menyenangkan ketika bisa melakukan banyak aktivitas bersamamu, seperti menonton film, bermain game, olah raga, maupun makan malam bersama.
    Namun merupakan saat yang menyedihkan ketika kita bertengkar karena perbedaan pendapat yang muncul. Tidak jarang juga hal itu terjadi karena keegoisanku.
    Meskipun begitu, kau selalu sabar menghadapiku. Aku ingin kau tahu bahwa aku mencintaimu bukan karena tidak ada pilihan lain, namun karena aku tidak bisa mencintai orang lain selain dirimu.
    Terima kasih atas segala perhatian yang selalu engkau berikan padaku dan maafkan aku atas segala kesalahan yang telah aku perbuat.

    c. Surat ketiga ingin aku berikan kepada Penerbit Haru. Aku ingin mengucapkan terima kasih atas blog tour yang telah diadakan oleh Penerbit Haru (termasuk juga oleh anaknya, Penerbit Spring.:) )
    Dari Harulah aku mengenal pertama kali yang namanya blog tour. Tadinya aku sama sekali awam dengan istilah ini. Namun pada saat mengunjungi fanpage Haru, aku tertarik untuk mengikuti blogtour The Wind Leading To Love.
    Syukurlah setelah beberapa kali ikut, aku berhasil mendapatkan novel menarik tersebut. Selain mendapatkan giveaway yang menarik, aku juga memperoleh pengalaman baru, yaitu membaca
    review mengenai suatu buku dari beberapa blog yang berbeda. Beda orang tentu beda juga cara mereka memandang dan mereview sebuah buku.
    Kelebihan dan kekurangan buku yang direview dijelaskan dengan jujur tanpa ada yang ditambahkan ataupun dikurangi.
    Dari blogtour pulalah aku jadi mendapat banyak teman baru dan bertemu dengan banyak penulis blog yang mengagumkan (termasuk juga blog ini).
    Terima kasih Haru, juga Spring. Semangat ya untuk selalu menerbitkan buku-buku yang bagus dan juga rutin dalam mengadakan blog tournya.:)

    Like

    Reply
  21. Dear VIXX’s Ken …

    Oppa! Annyeonghaseyo~ Omomomomo, ottokaji jinjja 😀
    Hai oppa! Aduh, aku tidak tahu harus menulis apa. Aku sudah terlalu excited jika membayangkan kau akan membaca suratku dan tahu bahwa aku ada di dunia ini untuk selalu mencintaimu.
    Oppa, apa kabar? Sudah lama tak bertemu sejak comeback kalian yang terakhir, Love Equation. Apa yang kau dan membermu lakukan belakangan ini? 😀
    Aku selalu menunggu postinganmu melalui akun sns-mu atau akun sns milik Rovix. Kalian baru saja menyelesaikan konser kalian, bukan? Aku harap, kau mendapatkan banyak libur setelah semua kerja kerasmu ini.
    Aku sebenarnya sangat menginginkan banyak konser, comeback, acara televisi, drama, atau sitcom yang menampilkan kelucuanmu, oppa. Tapi, disisi lain aku berharap kau bisa beristirahat penuh 😐 Karena pada sitcom-mu yang pertama, kantung matamu tidak seksi sama sekali 😦 Hitam dan tebal 😦 Aku tidak menyukainya 😦
    Bicara tentang konser, datanglah untuk konser atau showcase di Indonesia, oppa. Tapi, pilihlah waktu yang tepat supaya aku bisa melihatmu 😀 Akhir tahun misalnya? 😀
    Ada banyak yang ingin aku tulis, tapi entahlah semuanya menguap begitu saja. Yang pasti, aku selalu mendukungmu, memberikan support padamu, mendo’akanmu, dan tidak lupa tentunya untuk lima member VIXX lainnya. Karena, aku mencintai kalian semua ❤
    Terima kasih atas kerja kerasmu selama ini. Aku menyukai semua album VIXX walaupun koleksiku belum lengkap semuanya 😦 Dan, ahiya… Datanglah juga ke Indonesia untuk mengadakan Fansign. Aku iri sekali melihat K-Starlight bisa langsung bertemu denganmu, sekadar tersenyum atau berjabat tangan dan mendapatkan tanda tanganmu yang sangat lucu itu 😉
    Kuharap, comeback selanjutnya kau dan VIXX akan memberikan yang terbaik seperti biasanya. Konsep yang terkadang tidak terpikirkan oleh orang banyak.
    Tetaplah menjadi AB-ku yang lucu dan unik. Terima kasih sudah datang ke hidupku. Terima kasih sudah mau membaca suratku hingga titik terakhir. Terima kasih karena kau mau tahu bahwa aku ada di dunia ini. Ayo bertemu betulan di dunia nyata 😀 alabyu! saranghyo! ❤ ❤ ❤ bbuing bbuing o^^o

    with love, your fans
    – DM –

    Follow via WordPress
    Link Share: https://twitter.com/realdianmrani93/status/592712902068559874
    Email: dianmaharani833@yahoo.com
    Twitter: @realdianmrani93

    Like

    Reply
  22. • Link share: https://twitter.com/MusdalifahYeaa/status/589682913471557632
    • Alamat email: musdalifahpoetry@yahoo.com
    Akun twitter: @MusdalifahYeaa

    Menulis surat? Sebenarnya si gak suka nulis surat. Tapi, apa boleh jadi? Baiklah, saya mau menulis surat kepada:
    1). Surat untuk teman teman SD saya. Saya kangen banget sama mereka. Udah lama gak ketemu, gak tau deh masih pada ingat sama saya & teman yg lain. Paling paling yang masih sering ketemu & komunikasi yg dekat dengan saya & satu sekolah. Jadi, saya kangen sama kalian teman SD & pengen ketemu. Tapi ada yang jauh, seperti pesantren & di Jakarta.
    2). Surat untuk doi 😛 saya kangenn banget sama dia. Dia di pesantren 😦 jarang banget komunikasi. Ya, semoga aja dia baik baik disana. Lalu mau minta maaf karena bulan Februari kemarin saya tidak sengaja mengucapkan selamat ulang tahun. Untung pas saya jelasin, eh dia toleransi & bilang gpp yang penting katanya ingat wkwkwk 😀
    3). Surat buat Colleen Hoover. Saya mau bilang saya suka novelnya yang berjudul HOPELESS. Suka sama karakter Sky & Holder. Pengen tanya satu hal, apa yang terjadi pada Sky & Holder selanjutnya.

    🎀Thank You🎀

    Like

    Reply
  23. Link share:

    Email: putri149@gmail.com

    Aku mau mengirim surat kepada bapakku yang lagi kerja di luar kota. Cuma mau menanyakan bagaimana keadaannya di sana. Berharap bapak baik-baik saja di sana dan tidak ada halangan. Sama memberi semangat bapak untuk tidak putus harapan untuk membiayai keluargaku yang sedang mengalami masa krisis keuangan dan agar aku bisa membeli beberapa buku untuk bacaan baru seperti dulu. Mengingatkan bahwa aku dan keluargaku turut mendoakannya dan membantunya.

    Like

    Reply
  24. link share : https://twitter.com/anotheruye/status/594499577211789313
    email : faulyafts@yahoo.com
    twitter : @anotheruye

    Aku mau tulis surat yang bisa dimengerti orang yang nyata dulu. Aku ingin menulis surat untuk kedua orang tuaku. Yang sudah terlampau lelah merawatku. Terlewat capek mencari nafkah untuk sekolahku. Siapapun tau, jasa orang tua tidak akan bisa diganti dengan uang sebanyak apapun. Rasanya tidak sanggup kutuliskan karena pasti banyak sekali surat yang kutulis, dan juga air mata haru yang jatuh di atas surat itu.

    Kedua, aku ingin menulis surat untuk adik-adikku. Surat itu berisi permohonan maaf dan ucapan terima kasih. Aku ingin meminta maaf kepada adik-adikku, karena aku bukan kakak yang baik. Aku bukan bodyguard yang bisa menjaga mereka 24 jam. Aku juga bukan doraemon yang punya segalanya untuk dimintain. Aku cuma kakak biasa yang sering melampiaskan kemarahan ke kalian kalau lagi sedih. Tapi, di sisi lain ucapan terima kasih akan kusampaikan. Karena uniknya karakter adik-adikkulah, aku jadi punya ide untuk menulis. Karena mereka juga, aku paham arti ketulusan dan kesederhanaan hidup. Mereka juga tidak mengeluh memiliki kakak seperti aku.

    Like

    Reply
  25. Link Share Giveaway: https://twitter.com/nurul_rizqa/status/594847850556628992
    email/ twitter: rizqanurulhidayanti@yahoo.co.id/ @nurul_rizqa
    Jawab: Aku akan menulis surat untuk orang yang pernah nulis surat cinta pertama kalinya buatku waktu SMP. Waktu SMP, ada cowok di kelas sebelah yang nulis surat cinta untukku, sejujurnya itu merupakan surat cinta pertama yang kuperoleh. isi surat itu adalah pernyataan cintanya, dan itu untuk pertama kalainya juga ada cowok yang nembak aku. Tetapi karena temenku memergokiku lagi baca surat itu, tanpa sempat menjawabnya aku langsung sobek suratnya dan buang ke tempat sampah. Perilakuku itu memang keterlaluan karena itulah aku ingin membuat surat balasan padanya yang intinya meminta maaf dan menceritakan kejadian yang sebenarnya setelah aku menerima surat cinta itu, aku akan jujur padanya bahwa rasa gengsi dan maluku menutupi rasionalku sehingga setelah mendapatkan surat cinta itu aku malah memusuhinya. Aku memusuhinya bukan karena benci padanya tapi karena aku tak ingin ada cowok yang suka aku dan aku takut jatuh cinta pada cowok itu. Aku akan menceritakan semua yang kurasakan dul. Sudah terlambat memang tetapi aku ingin tetap mencoba .

    Like

    Reply
  26. Link share: https://twitter.com/henker_gunawan/status/594858725443112960
    email: hendrathe17@yahoo.co.id
    twitter: @henker_gunawan

    jawaban: Aku ingin menulis surat untuk kedua orang tuaku. Aku ingin menceritakan setiap pengalamanku selama di jogja serta suka dukaku selama di sana. Aku ingin menuliskan kerinduanku pada mereka yang sudah beberapa bulan ini tak bertemu. Aku juga ingin mengucapkan terima kasih telah mendukungku sekaligus minta maaf karena tidak segera pulang padahal aku sudah rindu dengan keluarga di rumah.

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s