[Review ] Girl Meets Boy


Title : Girl Meets Boy
Author : Winna Efendi
Publisher : Gagasmedia
Published : September 2015
Page : 391 pages
My Rating : 4/5


Dear Ava,

Saat kamu menerima surat ini, mungkin aku udah nggak ada di sini. Mungkin aku udah jadi murid senior di Alistaire. Mungkin aku akan ada di lingkungan baru. Atau mungkin, di Broadway, tampil perdana untuk pertunjukan Annie dan tiketnya terjual habis dalam lima menit (boleh dong, ngarep). Who knows? Itulah hebatnya dunia, selalu penuh dengan kesempatan yang nggak terduga.Kita punya janji untuk saling menemukan, bukankah begitu?
Love,
Rae

____

Dear Kai,

And then I said, “Kai, aku sayang kamu.”
Kamu menatapku, lalu mengusap rambutku lembut. Ini adalah kali pertama aku mengucapkannya kepada siapa pun. Kamu nggak mengatakannya balik. Dan, kurasa, sejak awal aku udah tahu.
Aku tahu tindakan kamu barusan adalah ucapan i-love-you terbaik yang mungkin bisa kudapatkan, but it’s okay, because I love you.

And unlike you, I’m not afraid of saying it.

Love,
Rae

***

Novel ini bercerita tentang kehilangan dan tentang menemukan. Tentang mimpi, tentang keluarga, tentang persahabatan, juga tentang memaafkan diri sendiri. Lewatnya, saya ingin berkisah perihal momen-momen yang sudah seharusnya berlalu dan dilepaskan. Karena setiap hal indah pada waktunya.

Semoga kamu menyukai sepotong kisah ini dan mendengar musik yang bermain di baliknya.

Winna Efendi

Thought on This Book :

Ava selalu berpikir bahwa dia adalah bayangan kakaknya. Rae adalah matahari; terang dan cerah. Ava pendiam, Rae supel. Semua akan melihat Rae, tapi tidak semuanya melihat Ava.

Ava lalu masuk ke sekolah yang sama dengan Rae, Sekolah Musik Alistaire. Pada awalnya, semua terasa sulit. Dia tidak memenuhi ekspektasi orang-orang sebagai adik Rae. Ava tidak mempunyai kepercayaan diri ekstra seperti Rae, atau suara merdu Rae. Berbekal jurnal Rae yang ditemukannya, Ava pun mulai menemukan kepingan-kepingan kehidupan Rae di sekolah tersebut. Termasuk Kai.

Ada beberapa penulis (pengarang?) yang tulisan-tulisannya mempunyai tempat spesial buat saya. Tulisan-tulisan yang membuat saya rasanya seperti kembali ke “rumah”, membuat saya merasa nyaman. Kak Winna salah satunya, membaca tulisannya membuat saya balik lagi ke zona nyaman setelah capek membaca buku-buku lainnya.

Tema-tema yang diangkat memang masih seputar remaja, tetapi isi konfliknya selalu membuat saya menyukai novel-novel Kak Winna. Terutama novel ini, berbica mengenai kehilangan, merelakan, dan saling mengobati. Ditambah lagi, hubungan antar saudara yang sepertinya akan selalu menjadi poin khusus buat saya.

Saya banyak membaca cerita yang berhubungan dengan “bayang-bayang orang lain”, atau “mengejar orang lain” dan anehnya, saya hampir selalu menyukai cerita-cerita semacam itu. Novel ini pun tak luput. Selain saya suka gaya bercerita Kak Winna yang pas (enggak terlalu puitis, tapi enggak blak-blakan juga. sederhana dan kalem) dan topiknya, saya juga menyukai perkembangan karakter Ava.

Jujur saja, saya tidak terlalu menyukai karakter setipe Kai. Ava juga tidak berhasil membuat saya benar-benar menyayanginya. Saya malah lebih suka The Manic Misfits yang heboh dan ajaib dan bagaimana mereka perlahan membuat Ava lebih percaya diri. Fido is my hero! Dan Arabel sedikit banyak meningatkan saya pada Regan (di Fangirl), yang saya suka pake banget . Saya nggak terlalu merasakan chemistry antara Kai dan Ava, tapi saya suka obrolan-obrolan mereka yang kelewat serius, haha.

“Awalnya, kupikir juga begitu, tapi sekarang mimpi-mimpi itu juga milikku. Kurasa, punya cita-cita bukanlah sesuatu yang buruk.” hal 267.

Saya mau ngasih Ava big hug untuk mengatakan hal itu. Apa salahnya, kalau kita benar-benar menyukai mimpi itu? Berusaha untuk menjadi berbeda toh malah bikin capek kalau kita tidak menyukainya.

Salam,

Ra.

Leave a Reply

